Macam - Macam Versi Android Yang Wajib Kamu Ketahui

Sumber Kode dari OS android tersebut dirilis menggunakan lisensi open source, walaupun ada pula perangkat yang menggunakan kombinasi open source tersendiri. Ini artinya penggunaan sistem operasi ini bisa dimiliki secara gratis tanpa anda khawatir menggunakan OS ilegal.


Agar anda tidak kebingungan dengan beberapa sistem operasi yang dimiliki android, tentu anda harus tahu perbedaan yang dimiliki dari masing-masing versi android. Dan juga anda harus mengetahui nama-nama dari versi android keluaran pertama hingga keluaran terbaru

Tentunya Operating System ini sangat berpengaruh pada android. Misalnya dalam sebuah aplikasi yang ada di play store hanya bisa di unduh hp android menggunakan versi android yang terbaru. Ini menyebabkan update Operating System (OS) android berkembang pesat. Sampai saat ini OS android sangat banyak versinya. dan ini lah macam - macam versi android yang wajib kamu ketahui

1. Apple Pie (1.0)
Os yang pertama adalah Android Apple Pie. Operating System ini dirilis pada tahun 2008. Pada sistem operasi versi android yang pertama ini banyak kendala yang belum memenuhi harapan. OS nya adalah versi 1.0 Pada android versi 1.0 ini yang bernama Apple Pie ini sudah memiliki fitur dan perbaikannya. Fitur yang di miliki adalah : Download dan update via android market, web browser, Google maps, Aplikasi Youtube. Meskipun operasi sistem Apple Pie yang pertama ada pada android fitur yang di miliki juga sudah bisa dikatakan lengkap dan memadai.

2. Banana Bread (1.1)
Sistem operasi android yang kedua adalah android versi (1.1) alias Banana Bread. Pada android versi 1.1 ini sudah mengalami perkembangan dan perbaikan dari sistem sebelumnya. Android (1.1) dirilis pada tahun 2009 dan fitur nya sudah mulai lengkap yakni yaitu : Kemampuan untuk menyimpan MMS attachment. Android versi (1.1) walaupun fitur yang dimilinya tidak begitu sempurna dan memadai namun sistem android ini akan dapat update untuk versi terbarunya.

3. Cupcake (1.5)
Os yang selanjutnya bernama Cupcake. dirilis pada april 2009 android versi ini sudah mengalami perkembangan dari versi android sebelumnya yang telah dirilis. Android versi ini pun sangat populer dan  banyak digunakan oleh banyak orang pada tahun 2009. Karena fiturnya yang mampu meng upload video ke youtube melalui hp android seluler dan juga mampu meng upload gambar ke picasa langsung dari seluler. Android versi cupcake sudah memiliki banyak fitur namun pihak pengembang sistem android masih terus melakukan update ke versi terbaru.

4. Donut (1.6)
Dirilis pada September 2009 android Donut, Android versi 1.6 ini sudah mengalami perbaikan dari versi android sebelumnya, yaitu pada Google maps dan android market yang memudahkan untuk mengunduh aplikasi. Sedangkan pada sistem suara dan pencarian suara android versi donut ini sudah mampu dan menangkap suara lebih akurat. Namun ada juga fitur tambahan dalam android ini yaitu Gesture Framework, dan Turn-by-Turn navigation. Meskipun fiturnya tidak terlalu canggih namun versi android ini banyak di gunakan pada saat itu.

5. Eclair (2.0)
2009 memang merupakan tahun produktif bagi Google dalam menelurkan sistem operasi. Eclair menjadi Android pertama yang menghadirkan layanan navigasi Google Maps.
Sistem tersebut menjadi awal mula era GPS yang sekarang bukan cuma ada di ponsel, tapi juga di mobil-mobil modern. Eclair juga menjadi Android pertama yang mendukung HTML5 pada peramban sehingga bisa memutar video.
Kemampuan membuka layar alias unlock-screen dengan mekanisme menyapu atau swipe juga diperkenalkan pada Eclair.

6. Froyo (2.2)
Versi pada android yang satu ini adalah bernama Froyo yang di singkat dari "Frozen Yougurt". Pada versi android ini OS android sudah mengalami perkembangan yang cukup baik. Karena di lengkapi dengan fitur adobe flash 10.1 dan kinerja android pada sistem ini pun sudah cepat di banding versi android sebelumnya. Android versi froyo sendiri di rilis pada Mei 2010. Dan juga ada fitur dan perbaikannya yaitu : Peningkatan speed, USB thetering, Animated Gifs dan juga mampu meng upload file ke browser.

7. GingerBread (2.3)
Android versi selanjutnya bernama Android versi Gingerbread. Pada OS ini android versi gingerbread sudah memiliki fitur dan kinerja yang lebih baik dari Os sebelumnya. Android Gingerbread sendiri memiliki 2 vesi yaitu yang pertama versi 2.3 - 2.3.2 di rilis pada 6 desember 2010. Dan versi android ke dua yaitu versi 2.3.3 - 2.3.7 di rilis pada 9 februari 2009. Pada android versi ini android sudah memiliki Dapat bermain game, NFC yaitu teknologi yang membiarkan penggunanya mampu melakukan pembayaran mobile untuk menerima info dan barang gratis. Pada android versi gingerbread juga ada fitur dan perbaikan yaitu meliputi: Update UI, Suport Video Call, Peningkatan Copy/Paste

8. Honeycomb (3.0)
Sistem operasi ini mendukung kemampuan tombol virtual untuk home, back, dan menu, untuk pertama kalinya. Sasarannya pun lebih ke perangkat tablet ketimbang smartphone. Pada masa itu, memang pasar tablet sedang subur-suburnya.

9. Ice Cream Sandwich (4.0
Versi ini memboyong kemampuan pada Honeycomb tapi lebih menyasar smartphone. Contohnya saja kemampuan tombol virtual yang hingga sekarang banyak diimplementasikan para vendor.
Beberapa pembaruan fitur lainnya mencakup kemampuan membuka layar menggunakan wajah (face unlock), analisa penggunaan data internet, serta paket aplikasi bawaan dari vendor yang mencakup kalendar, mail, kalkulator, dan lainnya.

10. Jelly Bean (4.1)
Bean memungkinkan pengguna menggulir (scroll) cepat home screen ke bawah untuk melihat kumpulan informasi penting, seperti agenda, email, dan laporan cuaca. Sebelumnya, pengguliran ke bawah cuma memperlihatkan notifikasi aplikasi.
Selain itu, Jelly Bean merupakan upaya pertama Google untuk menghadirkan asisten digital yang dinamai Google Now. Mulai dari versi ini, Google semakin berhasrat untuk membuat asisten digital yang lebih hidup, manusiawi, dan relevan bagi pengguna.

11. Kitkat (4.4)
Dirilis pada 31 oktober 2013 ini juga memiliki kinerja dan fitur yang sangat baik dan lebih bagus di banding versi android sebelumnya. Dan juga pada Android versi kitkat ini juga sudah canggih yaitu bisa melakukan video call, streaming lancar, dan juga terdapat screen recording untuk merekam aktivitas layar pada android yang kita miliki. Android kitkat juga memiliki kinerja yang cepat saat membuka aplikasi dan internetan. Navigasi bar yang sudah terbaru dan masih banyak lagi.

12. Lolipop (5.0)
Android versi 5.0 ini atau yang disebut lolipop sangat populer sampai sekarang rata - rata hp android setiap orang memakai sistem android versi 5.0 ini . Dalam android versi lolipop juga banyak ada fitur dan perbaikan yang meliputi yaitu : Desain baru material, peningkatan kecepatan, daya tahan battery. dan juga suport multi card.Tampilan android yang semakin elegan dengan latar navbar mengikuti aplikasi yang kita buka. Dan pada android versi 5.0 ini banyak aplikasi di google play store yang mensuport android versi 5.0 alias lolipop ini. Dan juga perbaikan notifikasi, ketika ada notifikasi akan secara otomatis tampil di lock screen ini yang membuat android versi 5.0 ini bagus.

13. Marshmallow (6.0)
AndroiVersi terbaru sekarang adalah android versi 6.0 atau yang biasa di sebut Marshmallow. Pada android versi ini, sistem dan kinerja kecepatan android meningkat. Android versi ini sendiri di rilis pada tanggal 5 oktober 2015. dengan kinerja yang sangat cepat dan dilengkapi fitur canggih seperti, suport USB Type C, Daya tahan baterai yang meningkat, Permisions dashboard, dan juga suport fingerprint yaitu pengunci layar yang menggunakan sidik jari yang populer saat ini. Biasanya hp android yang mendapat update android versi android adalah hp dengan merk tertentu saja.

14. Nougat 7.0
Android versi yang terbaru saat ini adalah android versi 7.0 atau sering di sebut nougat. Dengan fitur yang lebih canggih yaitu dapat mengubah ukuran display sesuka hati dan notifikasi yang berbeda dengan versi 6.0(marshmallow). Android versi nougat sendiri dirilis kira kira pertengahan tahun 2016. pembaruan yang paling mendasar dari android nougat adalah pembaruan Google assistant yang menggantikan google now. Dan juga meningkatkan fitur doze.Android versi nougat ini juga memiliki dukungan platform Virtual Reality dari google yaitu Melihat layar android dengan memakai alat khusus dan mampu melihatnya secara nyata dan 3D. Namun untuk update ke android versi nougat ini hanya Hp android tertentu saja yang diberikan update ke versi ini.

Dari kesekian Urutan Versi Android dari Terendah Sampai Tertinggi terbaru di atas, tentu anda pernah memiliki smartphone android yang menggunakan OS dari salah satu versi tersebut. Memang dari update terbaru OS bertujuan untuk memperbaiki sistem operasi yang dimilikinya.

Posting Komentar

0 Komentar